Bismillah
kali ini saya ingin berbagi Instrumen UKIN - RPP, yang sebenarnya Instrumen ini sudah disosialisasikan, namun saya meringkas untuk panduan mendapatkan Skor Maksimal



1.Tujuan/Indikator Capaian Pembelajaran

  1. Keseluruhan isi KI dan KD dijabarkan pada indikator
    capaian pembelajaran.
  2. Semua indikator capaian pembelajaran sesuai dengan
    KI dan KD
  3. Indikator/tujuan/kegiatan pembelajaran sampai pada
    internalisasi dan aktualisasi sikap disiplin, kerjasama, dan produktif sesuai dengan
    Perkembangan ipteks.
  4. Indikator capaian pembelajaran sampai pada level di
    atas  tagihan minimal
    , apalagi sampai
    level mencipta dengan level metakognitif 
  5. Indikator
    capaian pembelajaran mencakup semua aspek keterampilan sampai pada
    level mengomunikasikan
    (communicating)
  6. Semua
    indikator capaian pembelajaran bersifat spesifik, menggunakan
    kata kerja
    operasional
    , mudah diamati dan diukur
  7. Rumusan tujuan
    pembelajaran memuat aspek ABC atau
    ABCD, runtut, dan unsur C (kondisi)
    yang diberikan memberikan pengalaman belajar yang sesuai dan bervariasi
  8. Rumusan tujuan
    pembelajaran semua mengimplementasikan
    HOTS/literasi/4C

 

2.Langkah-langkah Pembelajaran
  1. Guru merancang
    materi ajar sangat lengkap,  sesuai dengan
    KD, dan berbasis
    TPACK yang tersaji secara komprehensif
  2. Guru menjabarkan
    materi
    secara benar dari berbagai sudut pandang
  3. Guru mengembangkan
    materi
    dengan urutan yang logis dari berbagai sudut pandang
  4. Guru mengembangkan
    semua materi
    secara terpadu dan keterkaitannya sangat  jelas.
  5. Guru menggunakan
    sumber belajar inovatif  dan sudah
    memanfaatkan hasil penelitian terkini, terutama hasil penelitian atau kreasinya
    sendiri
  6. Guru
    menunjukkan
    relevansi materi dengan kehidupan nyata di lingkungan
    kehidupan siswa.
  7. Strategi
    dan model pembelajaran sudah sesuai dengan tujuan
    , dan seluruhnya berbasis TPACK/ menumbuhkembangkan
    HOTS/literasi
  8. Alat bantu
    dan media sesuai dengan model
    dan sangat optimal menunjang tercapainya tujuan
    pembelajaran.

3. Penilaian Pembelajaran
  1. Guru melakukan
    penilaian awal, menggunakan metode yang tepat, instrumen mampu menggali kemampuan
    awal, dan dimanfaatkan dalam proses pembelajaran
  2. Guru  melakukan penilaian proses pembelajaran,
    menggunakan metode dan instrumen yang tepat, dan telah memanfaatkan teknologi
    informasi sebagai media dalam melakukan penilaian (web- based assessment)
  3. Instrumen
    penilaian hasil belajar yang meliputi
    aspek pengetahuan, keterampilan, dan
    sikap
    lengkap, sesuai dengan indikator Pencapaian kompetensi, dan sudah memanfaatkan
    teknologi informasi
Tak bosannya, saya mengajak kepada teman-teman pejuang PPG, marilah #LibatinAlloh dalam perjuangan kita, selain berusaha juga memaksimalkan doa setelah Shalat, agar Alloh memberikan keberkahan-kemudahan-kelulusan. Aaamiin


 INSTRUMEN PENILAIAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN