Bismillah
kali ini saya ingin berbagi Instrumen UKIN - PP, yang sebenarnya Instrumen ini sudah disosialisasikan, namun saya meringkas untuk panduan mendapatkan Skor Maksimal

PENDAHULUAN
  1. Guru
    mengucapkan salam, menanyakan kondisi, mengecek kehadiran
    siswa, mengecek kondisi ruang kelas (luring) atau mengecek kesiapan
    jaringan (daring), misalnya menanyakan kejelasan suara atau gambar dan
    menyampaikan aturan selama pembelajaran
  2. Guru memotivasi
    dengan berbagai cara secara optimal sehingga siswa terlihat antusias sepanjang
    kegiatan pembelajaran
  3. Guru menggali
    pengetahuan awal
    siswa melalui berbagai cara dan dikaitkan dengan
    materi yang akan dipelajari
  4. Guru
    menyampaikan tujuan atau indikator dengan jelas dan lengkap, misalnya
    dilengkapi tayangan ppt, serta ditinjau ketercapaiannya di akhir pembelajaran
  5. Guru
    menyampaikan pentingnya kompetensi dengan argumentasi yang kuat dari
    berbagai sudut pandang (keilmuan, kehidupan, dan lain-lain)
  6. Guru
    menyampaikan garis besar kegiatan pembelajaran secara jelas, lengkap,
    dan dikaitkan dengan pembudayaan karakter
  7. Guru mengecek/
    memeriksa kemampuan awal
    dengan metode dan instrumen yang tepat serta
    memanfaatkan hasilnya dalam pembelajaran

KEGIATAN
INTI
  1. Guru mendeskripsikan
    materi
    dengan benar dari berbagai sudut pandang sehingga sangat mudah
    dipahami oleh siswa
  2. Guru mampu mendemonstrasikan
    keterampilan
    secara benar, sangat lancar, dan mampu menumbuhkan sikap
    positif siswa
  3. Guru menunjukkan
    sikap positif terhadap materi pembelajaran, konsisten, dan mengajak
    siswa bersikap yang sama
  4. Guru menyajikan
    materi dengan urutan
    logis dan banyak melibatkan siswa
  5. Guru menyajikan
    materi secara sangat terpadu
    (saling terkait dan tidak ada yang saling
    bertentangan)
  6. Guru mengaitkan
    materi dengan kehidupan nyata
    secara jelas dan benar, disertai beberapa
    contoh
  7. Guru
    menyajikan materi
    menggunakan media atau teknologi, secara terorganisir,
    mengaktifkan siswa, menumbuh kan karakter, keterampilan berpikir tingkat tinggi
    (hots), 4C, dan literasi
  8. Guru menyajikan
    langkah pembelajaran sesuai dengan sintaks
    model pembelajaran atau
    metode/strategi yang dipilih dengan lancar dan mengacu pendekatan saintifik
  9. Guru
    melakukan
    assessment for dan/atau as learning dengan metode dan
    instrumen yang tepat serta memanfaatkan hasilnya dalam proses pembelajaran

KEGIATAN
PENUTUP
  1. Guru
    membimbing atau mengarahkan siswa
    merumuskan sendiri kesimpulan
    (rangkuman/intisa ri hasil pembelajaran) dengan benar
  2. Guru melakukan
    penilaian
    hasil belajar mencakup semua ranah dengan metode dan instrumen
    yang tepat serta menggunakannya sebagai dasar mengevaluasi siswa
  3. Guru meminta
    siswa menyampaikan komentar terhadap proses pembelajaran dari berbagai
    sudut pandang secara tulus dan meminta mereka menyampaikan usulan sehingga
    lebih baik
  4. Guru
    memberikan
    tugas tindak lanjut kepada siswa berkaitan erat dengan
    kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dan mengembangkan karakter siswa
    dalam kehidupan bermasyarakat
==========================================================================

KEPRIBADIAN

MEMESONA
  1. Guru
    menampilkan
    wajah yang ceria pada seluruh rentang waktu dari awal sampai
    akhir pembelajaran
  2. Guru
    memberikan
    perhatian kepada semua siswa pada keseluruhan rentang waktu
    dari awal sampai akhir pembelajaran
  3. Guru berbusana
    sopan dengan model dan warna yang sangat serasi
  4. Guru memberi
    inspirasi dan motivasi yang sangat tepat kepada siswa

BERWIBAWA
  1. Guru bertutur
    kata yang santun dan artikulatif
    pada keseluruhan rentang waktu dari awal
    sampai akhir pembelajaran
  2. Guru
    menampilkan
    perilaku yang disegani pada keseluruhan rentang waktu dari
    awal sampai akhir pembelajaran
  3. Guru menampilkan
    diri dengan tenang
    pada keseluruhan rentang waktu dari awal sampai akhir
    pembelajaran
  4. Guru
    memberikan
    tanggapan yang sangat tepat disertai contoh yang lengkap
    kepada siswa

TEGAS
  1. Guru
    memberikan
    tanggapan yang sangat tepat disertai contoh yang lengkap
    kepada siswa
  2. Guru tampil
    dengan sangat
    percaya diri dan menarik
  3. Guru
    berbicara dengan sangat
    tegas, ekspresif dan disegani

PENUH
PANGGILAN JIWA
  1. Guru
    menampilkan perilaku yang sangat
    semangat, meyakinkan, cepat, dan
    tangkas
  2. Guru
    menampilkan ekspresi yang sangat bergairah, dan
    cekatan
  3. Guru
    menunjukkan perilaku sangat ikhlas dan wajah ceria dalam
    memberikan bantuan
    pada siswa
SAMAPTA
  1. Guru
    menunjukkan penampilan yang sangat
    bugar dan enerjik
  2. Guru menampilkan
    perilaku yang sangat
    ramah dan penuh perhatian
  3. Guru sangat suka
    memberikan bantuan
    kepada siswa yang membutuhkan dengan tulus
  4. Guru sangat
    menunjukkan rasa
    belas kasih dan berbela rasa kepada siswa 



Tak bosannya, saya mengajak kepada teman-teman pejuang PPG, marilah #LibatinAlloh dalam perjuangan kita, selain berusaha juga memaksimalkan doa setelah Shalat, agar Alloh memberikan keberkahan-kemudahan-kelulusan. Aaamiin

INSTRUMEN PENILAIAN RPP