Bismillah
kali ini saya ingin berbagi Instrumen UKIN - PP, yang sebenarnya Instrumen ini sudah disosialisasikan, namun saya meringkas untuk panduan mendapatkan Skor Maksimal
PENDAHULUAN
- Guru
mengucapkan salam, menanyakan kondisi, mengecek kehadiran
siswa, mengecek kondisi ruang kelas (luring) atau mengecek kesiapan
jaringan (daring), misalnya menanyakan kejelasan suara atau gambar dan
menyampaikan aturan selama pembelajaran - Guru memotivasi
dengan berbagai cara secara optimal sehingga siswa terlihat antusias sepanjang
kegiatan pembelajaran - Guru menggali
pengetahuan awal siswa melalui berbagai cara dan dikaitkan dengan
materi yang akan dipelajari - Guru
menyampaikan tujuan atau indikator dengan jelas dan lengkap, misalnya
dilengkapi tayangan ppt, serta ditinjau ketercapaiannya di akhir pembelajaran - Guru
menyampaikan pentingnya kompetensi dengan argumentasi yang kuat dari
berbagai sudut pandang (keilmuan, kehidupan, dan lain-lain) - Guru
menyampaikan garis besar kegiatan pembelajaran secara jelas, lengkap,
dan dikaitkan dengan pembudayaan karakter - Guru mengecek/
memeriksa kemampuan awal dengan metode dan instrumen yang tepat serta
memanfaatkan hasilnya dalam pembelajaran
KEGIATAN
INTI
INTI
- Guru mendeskripsikan
materi dengan benar dari berbagai sudut pandang sehingga sangat mudah
dipahami oleh siswa - Guru mampu mendemonstrasikan
keterampilan secara benar, sangat lancar, dan mampu menumbuhkan sikap
positif siswa - Guru menunjukkan
sikap positif terhadap materi pembelajaran, konsisten, dan mengajak
siswa bersikap yang sama - Guru menyajikan
materi dengan urutan logis dan banyak melibatkan siswa - Guru menyajikan
materi secara sangat terpadu (saling terkait dan tidak ada yang saling
bertentangan) - Guru mengaitkan
materi dengan kehidupan nyata secara jelas dan benar, disertai beberapa
contoh - Guru
menyajikan materi menggunakan media atau teknologi, secara terorganisir,
mengaktifkan siswa, menumbuh kan karakter, keterampilan berpikir tingkat tinggi
(hots), 4C, dan literasi - Guru menyajikan
langkah pembelajaran sesuai dengan sintaks model pembelajaran atau
metode/strategi yang dipilih dengan lancar dan mengacu pendekatan saintifik - Guru
melakukan assessment for dan/atau as learning dengan metode dan
instrumen yang tepat serta memanfaatkan hasilnya dalam proses pembelajaran
KEGIATAN
PENUTUP
PENUTUP
- Guru
membimbing atau mengarahkan siswa merumuskan sendiri kesimpulan
(rangkuman/intisa ri hasil pembelajaran) dengan benar - Guru melakukan
penilaian hasil belajar mencakup semua ranah dengan metode dan instrumen
yang tepat serta menggunakannya sebagai dasar mengevaluasi siswa - Guru meminta
siswa menyampaikan komentar terhadap proses pembelajaran dari berbagai
sudut pandang secara tulus dan meminta mereka menyampaikan usulan sehingga
lebih baik - Guru
memberikan tugas tindak lanjut kepada siswa berkaitan erat dengan
kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dan mengembangkan karakter siswa
dalam kehidupan bermasyarakat
==========================================================================
KEPRIBADIAN
MEMESONA
- Guru
menampilkan wajah yang ceria pada seluruh rentang waktu dari awal sampai
akhir pembelajaran - Guru
memberikan perhatian kepada semua siswa pada keseluruhan rentang waktu
dari awal sampai akhir pembelajaran - Guru berbusana
sopan dengan model dan warna yang sangat serasi - Guru memberi
inspirasi dan motivasi yang sangat tepat kepada siswa
BERWIBAWA
- Guru bertutur
kata yang santun dan artikulatif pada keseluruhan rentang waktu dari awal
sampai akhir pembelajaran - Guru
menampilkan perilaku yang disegani pada keseluruhan rentang waktu dari
awal sampai akhir pembelajaran - Guru menampilkan
diri dengan tenang pada keseluruhan rentang waktu dari awal sampai akhir
pembelajaran - Guru
memberikan tanggapan yang sangat tepat disertai contoh yang lengkap
kepada siswa
TEGAS
- Guru
memberikan tanggapan yang sangat tepat disertai contoh yang lengkap
kepada siswa - Guru tampil
dengan sangat percaya diri dan menarik - Guru
berbicara dengan sangat tegas, ekspresif dan disegani
PENUH
PANGGILAN JIWA
PANGGILAN JIWA
- Guru
menampilkan perilaku yang sangat semangat, meyakinkan, cepat, dan
tangkas - Guru
menampilkan ekspresi yang sangat bergairah, dan cekatan - Guru
menunjukkan perilaku sangat ikhlas dan wajah ceria dalam memberikan bantuan
pada siswa
SAMAPTA
- Guru
menunjukkan penampilan yang sangat bugar dan enerjik - Guru menampilkan
perilaku yang sangat ramah dan penuh perhatian - Guru sangat suka
memberikan bantuan kepada siswa yang membutuhkan dengan tulus - Guru sangat
menunjukkan rasa belas kasih dan berbela rasa kepada siswa
Tak bosannya, saya mengajak kepada teman-teman pejuang PPG, marilah #LibatinAlloh dalam perjuangan kita, selain berusaha juga memaksimalkan doa setelah Shalat, agar Alloh memberikan keberkahan-kemudahan-kelulusan. Aaamiin
0 Comments